Minggu, 26 April 2020

"PESAN RELIGI SEEKOR KUPU-KUPU" By Ki Slamet 42

Blog Ki Slamet 42: Sajak Puisi Ki Slamet 42
Senin, 27 April 2020 - 07.32 WIB

Image "Seekor Kupu-Kupu di Atas Laptop (Foto: KSP42)
Seekor kupu-kupu kecil hinggap di layar laptop

“PESAN RELIGI SEEKOR KUPU-KUPU”
Karya: Ki Slamet 42

Ketika aku buka dan hidupkan laptop lebar
Ada kupu-kupu kecil hitam hinggap di layar
Lalu hinggap lagi di sebungkus rokok anyar
Yang baru aku beli di warungnya abah Ukar

Aku biarkanlah saja kupu-kupu itu beraksi
Apa yang dilakukannya tiadalah aku peduli
Sebentar kemudian kupu-kupu terbang lagi
Lalu hinggaplah di mulutku yang tak bergigi

Sekejaplah sahaja dia hinggap di bibirku ini
Lalu terbang berputar dan kembali hampiri
Hinggaplah lagi di atas bungkus rokok tadi
Yang baru saja aku ambil isinya kedua kali

Aku tak lagi pedulikan ulah kupu-kupu itu
Membiarkan ia berada di bungkus rokokku
Godekkan kepala mata menatap ke arahku
Yang sedang tulis puisi tentang kupu-kupu

Kucoba hisap lagi rokok sambil reguk kopi
Sambil terus menulis puisi ungkap inspirasi
Tak kunyana kupu-kupu itu kembali beraksi
Tingkahnya lakunya seperti berdemonstrasi

Sang kupu-kupu kecil itu, lagi-lagi bergaya
Hinggap lagi di atas bungkus rokok tersisa
Sambil kepak-kepakkanlah sayap hitamnya
Julurkan semot ke arah rokok ba’ berkata:

Jagalah sehatmu sebelum datang sakitmu
Jagalah hidupmu sebelum datang matimu
Jagalah usiamu sebelum datanglah ajalmu
Semogalah kamu mengerti pesan religiku!

“Wahai kamu laki-laki tua, hentikan saja
Menhisap asap rokok itu sekarang juga
Itu tak sehat lebih banyak mudharatnya
Bahkan makruh hukumnya kata ulama!”

Jaga sehatmu sebelum datang sakitmu
Jaga hidupmu sebelum datang matimu
Jaga usiamu sebelum datanglah ajalmu
Semoga kamu mengerti pesan religiku!”

~ KSP 42 ~
Minggu, 27 April 2020 - 07:00 WIB
Bumi Pangarakan, Lido – Bogor

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar