Sabtu, 21 Mei 2016

“MENEBAR SEPI DI BUKIT PARIGI” Karya : Ki Slamet 42

Blog Ki Slamet : Sajak dan Ki Slamet 42
Minggu, 22 Mei 2016 - 11:25 WIB

Image "Bukit Parigi" ( Foto : SP )
Bukit Parigi

“MENEBAR SEPI DI BUKIT PARIGI”
Karya : Ki Slamet 42

Ketika cahaya mentari selimuti bukit Parigi
Maka aku tebarkanlah segala perasaan sepi
Yang lama menjerat kuat membelenggu hati
Di hamparan ilalang yang bergoyang gemulai
Ditiup geliat hembus semilir sepoi angin pagi

Meski tanpa alas kaki tetap melangkah pasti
Susuri marga setapak yang di kanan dan kiri
Banyak ditumbuhi belukar dan pohon tinggi
Pancarkanlah keindahan alam di bukit Parigi
Hilangkanlah segala sepi carut-marutnya hati

Ketika tubuhku rasa lelah telapak kaki nyeri
Sementara rasa silau kemilau cahaya mentari
Terpa wajahku yang kian nampak tak berseri
Aku hentikan langkah duduk di pinggir tepi
Di atas gundukan tanah yang bersemak turi

Mataku menatap ke belukar akar pohon turi
Tampak ular besar menjalar sebesar paha kaki
Raga tiada bergerak berdoa mohon pada Ilahi
Sebentar saja ular menatapku nanar lalu pergi
Seperti ingatkan aku waktu telah tengah hari

Aku ucap rasa syukur pada Tuhan Ilahi Rabi
Lalu pergi berwudhu di solokan kecil bersuci
Sholat zuhur bersajadah rumput hijau berseri
Dan akupun rasakan ketenangan tiada terperi
Sirnalah sepi berganti senandung religi nan asri

Saat hendak beranjak pergi kakiku terasa nyeri
Aku terjatuh dari amben tempat berbaring diri
Mataku terbelalak rupanya aku telah bermimpi
Setelah rasa lelah sedari pagi hingga petang hari
Hadiri Raker rapat kerja tugas tupoksi profesi


Bumi Pangarakan, Bogor
Minggu, 22 Mei 2016 – 10:42 WIB
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar