Jumat, 10 April 2015

"NENEK TUA MISTERIUS" KARYA SLAMET PRIYADI


NENEK TUA MISTERIUS
Karya: Slamet Priyadi

Sudah lima kali kelelawar hitam itu terbang balik berputar
Berkelebat sebat di  depan wajahku yang sedikit bergetar
Hembus angin kepak sayapnya buat wajah seperti ditampar
Ngeri, bulu kuduk berdiri tubuhku mulai bergidik gemetar
Meski begitu, kuterus melangkah berjalan halau rasa gusar

Sementara jalan yang aku lalui begitu becek, gelap dan sepi
Hanya ada lampu jalan yang  sebentar hidup  sebentar mati
Hujan rinai sejak pagi hingga malam hari pun tak mau henti
Dalam rasa takut yang akut kelelawar itu kagetkan aku lagi
Kembali berkelebat depan wajahku  seperti beri informasi,

Tuan,  aku  sarankan sebaiknya, jangan lanjutkan perjalanan
Sebab di sana ada sesuatu yang mungkin menakutkan, tuan!
Peringatan sang kelelawar sama sekali tidak aku perdulikan
Seraya baca mantra pengusir syetan, aku teruskan berjalan
Telusuri jalan sepi  yang ditumbuhi banyak semak tumbuhan

Saat lewati pohon jamblang yang tinggi, besar dan rindang
Ada sosok wanita tua berwajah keriput berambut panjang
Menyapa parau tertawa cekikikan tubuhnya menggerayang
Hi, hi, hi, cucu mau kemanakah gelap-gelap sudah ngayang?
Saya orang dekat sini, nek mau berangkat kerja cari uang!

Mendengar jawabanku sang nenek berikan pesan religius :
“Tapi ingat cucuku, semua harus dilambari motivasi serius
Giatlah bekerja, berlandas sikap perilaku baik dan bagus
Untuk kebahagiaan bersama keluarga, janganlah tergerus
Segala iming dunia yang membuat bahagiamu terberangus”

Jumat, 10 April 2015 – 21:34 WIB
Slamet Priyadi
Di Kp. Pangarakan, Bogor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar