Rabu, 10 Februari 2016

“MISTERI JAM TIGA DUA-DUA PAGI” Karya : Ki Slamet 42

Sajak & Puisi Ki Slamet 42
Kamis, 11 Febuari 2016 - 13:04 WIB

 
“MISTERI JAM TIGA DUA-DUA PAGI”
Karya : Ki Slamet 42

Tepat pukul dua lewat tiga puluh di pagi hari
Alarem di HP Nokia jadulku nyaring berbunyi
Bangunkan aku darilah tidur yang lelap sekali
Peringatkan aku  agar cepat segeralah mandi
Untuk berangkat kerja lakukan tugas profesi

Sementara hujan lebat masih belum jua henti
Mengguyur basah kampung Pangarakan bumi
Basahkan becekkan jalan yang biasa aku lalui
Naik ojek si Kentung langgananku sehari-hari
Yang biasa antar aku  pergilah kerja tiap pagi

Sambil menanti kang Kentung aku teguk kopi
‘Tuk sirnakan rasa kantuk segarkan tubuh ini
Dari cuaca dingin nan mencekam gelap taguli
Aku dengar katak-katak bangkong  bernyanyi
Kidung nyanyian alam bahagiakan Ibu Pertiwi

Tepat pukul tiga lewat dua puluh Ketunggani 
Sipengojek yang selalu tepat pun datang pasti
Tiba di depan rumahku sudahlah siap menanti
Aku hampiri motor ojek dan segera naik pergi
Berangkat kerja laksanakan tugas profesi suci

Dibarengi guyur hujan yang  mulai kecil merinai
Dan hanya berpayung mantel hujan plastik mini
Maka berputar roda-roda motor beranjak pergi
Jalan kecil licin basah  dan becek  tetap dilalui
Ojek teruslah melaju di tengah jalan listrik mati

Persis di simpangan tiba-tiba motor oleng ke kiri
Dan terperosok di selok yang  airnya kotor sekali
Seragam sepatu baju tas celana basah tak terperi
Untung saja tiada luka di tubuh yang terasa nyeri
Padahal di dalam selok itu ada tertanam batu kali

Aku ikutlah bantu angkat motor ojek Ketunggani
Dari selokan kecil yang berair  kotor penuhlah tai
Sambil bersihkan baju  celana yang telah ternodai
Aku pun bertanya pada kang ojek si Kentunggani
Tentang sebab mengapa peristiwa itu bisa terjadi

Dengan ekspresi wajah yang nampaklah pucat pasi
Ketunggani menjawabnya penuh rasa takut ngeri,
“Entahlah pak, saya juga merasa heran sekali tadi,
Tiba-tiba saya lihat ada nenek-nenek menghalangi
Sambil rentangkan tangannya tunjuk arah ke kiri!”

Mendengar penjelasan dari Kang Ojek Kentunggani
Aku pun faham dan sadari dengan apa yang terjadi
Sebab peristiwa serupa aku pernah juga mengalami
Di waktu, jam, dan tempat yang sama  di daerah ini
Di jalan simpangan tiga tepat saat pukul  03:22 pagi

Kp Pangarakan, Bogor
Rabu, 10 Februari 2016 – 18:59 WIB  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar